Kamis, 26 September 2013


ROBERT STEVENSON SMYTH LORD BADEN POWELL OF GILWELL lahir pada tanggal 22 Februari 1857 di London. Tahun 1910 Baden powell minta pensiun dari Tentara dengan pangkat terakhir Letnan Jendral. Baden powell menikah dengan “OLAVEST CLAIR SOAMES” pada tahun 1912. Baden powell meninggal pada tanggal 8 January 1941 di Anyeri,Kenya,Afrika.
Pada awal tahun 1908 Baden powell selalu menulis cerita pengalamanya sabagai bungkus acara latihan kepramukaan yang dirintisnya.kumpulan tulisanya itukemudian terbit sebagai buku “SCOUTING FOR BOYS”buku ini cepat tersebar keseluruh Negeri Inggris.bahkan di Negara-negara lainya dan berdirilah di mana-manaorganisasi Kepramukaan yang semula hanya untuk anak laki-laki berusia Penggalang yang di sebut “BOYS SCOUT”.
Kemudian disusul berdirinya organisasi kepramukaan putri yang di beri nama “GIRL GUIDES” atas bantuan adik Perempuan nya yang bernama AGNES dan kemudianditeruskan oleh Nyonya Baden powell.Tahun 1916 berdiri kelompok pramuka usia Siaga yangdisebut “CUB” (anak serigala) dengan buku “THE JUNGGLEBOOK” berisi cerita tentang “MOWGLI” anak didikan rimba(anak yang dipelihara dihutan oleh induk serigala) karangan “RUDYARD KIPLING” sebagai ceritera pembungkus Cub tersebut.
Tahun1918 Baden powell membentuk “ROVER SCOUT” pramuka usia Penegak untuk menampung mereka yangsudah lewat usia 17 tahun,tetapi masih senang giat dibidang kepramukaan.tahun 1922 Baden powell menerbitkan buku “ROVERING TO SUCCESS” mengembaramenuju bahagia yang berisi petunjuk bagi para pramuka penegak dalam menghadapi hidupnya,agar mencapai kebahagiaan.
Tahun 1920 diselenggarakan Jambore Sedunia di arenaOlimpiade London.Baden powell telah mengundang pramuka dari 27 Negara dan pada saat itu Baden powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (CIEF SCOUT OF THE WORLD).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar